29.5.08

GLOBAL WARMING:prihatin atau cuma pura-pura?

ada yang pernah nonton film semi dokumenternya Al-Gore tentang Global Warming?
gw kagum sama film itu
isinya emang presentasi dan data-data, statistik-statistik tentang GW
kedengerannya bosenin, tapi ternyata Al-Gore bisa membawakan dengan baik, dan membuat yang nonton sama sekali ga bosan, dan bahkan malah tambah penasaran dengan fakta apa yang terjadi sebenarnya

Pernah denger bahwa:

beberapa peneliti hewan di Kutub terkejut saat menemukan beruang kutub yang mati karena tenggelam

beruang kutub yang mati tenggelam ?!!?
itu semua karena mereka ga bisa menemukan tempat untuk naik. Hal ini disebabkan pulau-pulau es di kutub sudah mulai mencair dan hilang. Akhirnya, mereka mati tenggelam karena terlalu lelah berenang
lo semua sedih ga sih dengernya?!
take a look at these pictures










mungkin gw emang orang yang terlalu sayang sama binatang (bahkan temen-temen gw juga ngetawain gw)
tapi apa emang gw keterlaluan merasa prihatin dengan keadaan beruang-beruang kutub itu?!atau emang cuma gw yang merasa prihatin sama binatang itu?!
orang-orang yang peduli Global Warming mungkin hanya disebabkan karena mereka takut akan kelangsungan hidup mereka sendiri, bukan makhluk hidup lain.
dan sebagai bentuk keprihatinan gw ini, gw ga cuman ngomong doang
gw berhasil membujuk orangtua gw untuk memberikan sumbangan per bulan untuk WWF membantu beruang-beruang kutub (dan sebagai tambahannya orang utan)
dan gw juga suka ikut kegiatan WWF
ternyata melakukan itu ga sesulit yang kita kira kok.
asal kita mau, ga ada yang ga bisa
toh kita melakukan suatu hal yang positif, jadi pasti selalu ada jalan.

Sekarang bukan waktunya hidup glamour
bukan waktunya untuk perhatiin fashion, penampilan, dan hal-hal lain yang ga penting
emang bukan sepenuhnya ga penting. Gw juga tau fashion dan penampilan itu bagian dari hidup
Tapi coba pikir deh
apa gunanya lo tampil cantik, up to date, baju dan barang bermerek, penuh dengan kemewahan, kalo diluar sana banyak hal lain yang membutuhkan perhatian lo?

ga usah deh berlebihan dalam hal fashion dan kemewahan
ga usah sok-sokan barang bermerek dan mahal dan terkenal dan cap fashionable
toh tanpa barang-barang bermerek, lo masih bisa hidup kan?! masih bisa makan ?! masih bisa nafas ?! masih bisa seneng-seneng dengan cara lain kan?!

tapi lingkungan di luar sana, tempat lo hidup. tempat kita semua hidup sih sebenernya..
mereka ga bisa bertahan tanpa perhatian dari manusia
tanpa usaha yang nyata dari orang-orang yang katanya concern sama Global Warming, tapi lebih milih fashion dan kemewahan.

ga usah lah perhatian fashion yang berlebihan
si desainer ini lah, si perancang ini lah, yang merek ini lah, yang merek itu lah
perhatiin tuh lingkungan lo yang tinggal menunggu dihancurkan..

gw ga akan menjadi orang yang munafik
gw juga mau barang-barang kayak nintendo ds, ipod dock atau juga iLuv
gw juga memperhatikan penampilan gw
tapi masih dalam taraf normal
gw cukup puas dengan baju-baju yang ga harus semuanya bermerek tinggi, dari desainer terkenal, baju yang paling up to date
gw puas dengan pakaian yang memang cocok dan nyaman gw pake, walaupun harganya ga setinggi langit dan desainernya ga paling terkenal sejagat
gw cukup puas dengan fasilitas dan kehidupan yang sekarang gw jalani
dan gw juga cukup puas dengan apa yang udah gw trima
karena itu, gw berusaha untuk membuat diri gw puas dengan apa yang bisa gw lakukan untuk lingkungan gw

bangga fashionable? bangga jadi orang kaya? bangga jadi orang terkenal?
buat gw ga penting. gw malah ga kagum dengan orang-orang itu, ga respect sama sekali.
gw akan sangat kagum dan menghormati orang yang antara perkataan dan tindakan itu masuk akal
gw akan sangat kagum dan menghormati orang yang melakukan tindakan nyata
gw akan sangat kagum dan menghormati orang yang bener-bener peduli dengan hidup makhluk lain diluar sana yang memang butuh diperhatikan
...

kalo emang semua hal-hal mewah dan glamour itu masih menjadi nomor 1 dalam hidup lo,
inget beruang-beruang yang mati tenggelam di kutub
dan lo akan inget bahwa banyak hal lain yang bisa dan lebih berharga untuk lo lakukan.









-PLEASE SAVE US-


4 comments:

  1. Walaupun kerusakan global begitu mengancam, tapi masih ada harapan kok kalo kita mau berubah ...

    Yah supaya jangan kiamat sebelum waktunya :D

    ReplyDelete
  2. ndaa.sedih ngeliatnya kok.gw yg gk cinta2 amat sm binatang aja sedih..ayo2..sama2 promosi buat nanggulangin ini semuaa.
    ayo mulai dari hal simpel kyk buang smph gk di jalanan (yg mana bberapa mgg yg lalu gw masih melakukan, tp gk lagi buat mgg2 ini dan ke depannya).. sama pake kertas bekas buat nge print hal2 yg emg gk permanent digunainnya..
    dan..

    ayo masuk WWF!! dan aktif disana..

    ReplyDelete
  3. Manda please save us....!!! love you Polar Bear.

    ReplyDelete
  4. so nice to read posting yg satu ini...
    walau umur gw sedikit di atas lo,tapi lo jauh lebih dewasa dan aware dibanding gw....
    thanks ya manda,,

    ReplyDelete

terimakasiiihh..semoga masuk surga hihihihi